Thursday, 23 December 2010

Ahmad Band - Ideologi Sikap Otak (1998)


newsflash : the real ahmad dhani is already dead somewhere at the end of 90's. hes been replaced by a maniac who looks just like him. someone who had sold his soul to devil for fame and fortune.

jadi apakah cerita dibalik ini semua?
jadi pada tahun 1997, Ari Lasso mencurigai perangai-perangai Ahmad Dhani yang mulai aneh. Ahmad Dhani sering curhat ke Ari Lasso bahwa ia merasa diikuti seseorang yang mirip dengan dirinya, tak tahu mereka itu saudara kembar atau bukan. Tetapi orang ini selalu menterror Ahmad Dhani sehingga akhirnya Ari Lasso pun tak nyaman karena ia diblackmail habis2an oleh orang ini. Sehingga ia memutuskan untuk keluar dari Dewa dengan kedok bahwa ia dikeluarkan karena narkoba. Setelah Ari keluar, Dewa berhenti produktif hingga pada akhirnya tahun 2000 merilis album Bintang Lima dengan vokalis baru Once. Dalam waktu 97-00, Ahmad Dhani sempat mendirikan band dengan nama Ahmad Band dengan judul album "ideologi sikap otak". Mungkin band dan album ini dibuat karena ia tahu nyawanya sudah terancam oleh seseorang yang mirip dirinya itu. Banyak pesan-pesan tersembuyi dalam album ini yang merupakan state of mind the real Ahmad Dhani. "Distorsi" merupakan kritisi dia akan pemerintahan saat itu. "Sudah" ialah lagu tentang kehidupan yang seperti mensiratkan perpisahan dia dengan dunia, mungkin ditujukan untuk Maia yang nantinya menjalani hubungan dengan seseorang yang mirip Ahmad Dhani itu (good for you maia, congrats for the divorce). Ada pesan rahasia dalam lagu ini dengan bahasa inggris ("Someone New, Come to take again" apakah ini artinya? ada seseorang yang baru akan menggantikan dia lagi? apakah ini si ahmad dhani palsu?) Gimmick Bung Karno sepertinya dipilih untuk menunjukkan bahwa ia akan bernasib sama dengannya, yakni meninggal secara misterius tanpa sorotan.

Benar, tak lama setelah dirilis, the real Ahmad Dhani sepertinya meninggal somewhere ditahun 1999. Ia masih meninggalkan materi-materi Dewa untuk 1-2 album kedepan, sebenernya ditujukan untuk Ari Lasso. Ari Lasso yang sebenarnya curiga akan hal ini diancam oleh Ahmad Dhani palsu untuk merahasiakan hal ini atau Ari Lasso akan bernasib sama seperti the real Ahmad Dhani. Ari akhirnya setuju dan ia memutuskan untuk jadi backing vocal dialbum Bintang Lima sebagai tribute untuk the Real Ahmad Dhani yang telah meninggal.

overall, Ideologi Sikap Otak (yang merupakan memang isinya ideologi sikap otak ahmad dhani itself, ini saat terakhir ia menunjukkan sisi idealisnya sebelum ia tidak bisa lagi) merupakan album terakhir dari Ahmad Dhani yang asli sekaligus untuk menutup dekade 90-an dan bahkan abad 20. Sebelum akhirnya ia meninggal ia juga sempat menggarap album Kuldesak dan Reza. Fakta lain yang menarik ialah, ia meninggal pada umur 27 tahun (apakah ia juga terobsesi untuk bergabung dengan 27 Club menyusul Brian Jones, Jimi Hendrix, Janis Joplin, Jim Morrison, Kurt Cobain, dan lain sebagainya?)

R.I.P. Dhani Ahmad Prasetyo (1972-1999)

9/10

6 comments:

  1. jemboottt ahh eloe.....wkwkwkwkwwk

    ReplyDelete
  2. lagi mabok ya bro, dah tidur aja dulu, biar bangun tidur lu sadar kl semalam sudah ngigau

    ReplyDelete
  3. otak segede jengkol gini pemikirannya hahahhaa

    ReplyDelete
  4. satu pertjubaan yang mantab

    ReplyDelete